Penanganan Hasil Selepas Panen hingga Penjualan Tanaman Selada Organik

7 Cara Panen Selada

Tanaman selada dapat dipanen pada umur 23 bulan dari waktu menabur (menyebar) benih atau tergantung varietas, tipe dan juga ciri-ciri ketuaan dari tanaman tersebut.

Beberapa ciri tanaman selada siap dipanen disajikan pada tabel berikut:

Cara memanen selada adalah dengan mencabut seluruh bagian tanaman bersama akar-akarnya atau dengan jalan memotong pangkal batang tanaman di atas tanah. Hasil panen per satuan luas lahan tergantung varietas selada yang ditanam serta jarak tanamnya. Jenis selada berkrop dapat menghasilkan antara 25-40 ton/hektare, sedangkan selada daun antara 15-30 ton/hektare.

8. Penanganan Pascapanen Selada

Penanganan hasil selepas panen meliputi kegiatan:

a. Pengumpulan

1) Hasil panen ditampung (dikumpulkan) di suatu tempat yang teduh dan nyaman.

2) Tujuan pengumpulan produksi dl suatu tempat ini untuk memudahkan kegiatan penanganan berikutnya dan menekan kerusakan atau susut (losses).

b. Pembersihan

1) Daun-daun luar (daun tua) dibuang dan hanya disertakan beberapa helai saja (Selada krop), sedangkan untuk selada daun, selada batang, hanya membuang beberapa helai daun tua atau rusak.

Selada yang sudah dibersihkan dari daun daun luarnya segera dicuci bersih dalam air yang mengalir atau disemprotkan, kemudian ditiriskan.

c. Pengkelasan

Hasil panen selada dikelompokkén menurut bentuk, ukuran atau beratnya, sesuai dengan permintaan pasar (konsumen). Pasar lokal biasanya meminta produksi yang memenuhi persyaratan diameter krop antara 10 cm – 15 cm, bebas dari noda-noda hitam, dan masih segar.

d. Pewadahan (pengemasan)

Untuk tujuan pemasaran jarak jauh, selada biasanya dikemas (diwadahi) dalam keranjang plastik atau karung goni yang diberi ventilasi, kemudian disimpan di tempat atau ruangan dingin.

e. Penyimpanan

Agar produksi selada tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu, sewaktu penyimpanan sebaiknya ditempatkan di ruang dingin atau diberi remukan es.

Produksi selada yang sudah dikemas rapi dan disimpan di ruangan (wadah) yang suhunya dingin, siap diangkut dan dipasarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *