Penanganan Hama dan Penyakit Tanaman Selada Organik

Penyakit busuk hitam mumi

Penyebab penyakit ini cendawan Rhizoctonia solani Kiihn. Penyakit yang menyerang di pesemaian akan menyebabkan semai roboh (dumping off). Tanaman dewasa yang terserang akan terlihat adanya bercak sedikit cekung dan berwama karat pada tangkai dan tulang daun.

Adapun pada daunnya ada busuk cokelat berlendir. Serangan yang hebat dapat menyebabkan tanaman mati, berwarna hitam, dan mengering sehingga seperti mumi. Penyakit ini akan berkembang dengan cepat bila kelembapan tinggi dan suhu udara panas.

Upaya pengendalian yang dapat dilakukan sebagai berikut:

1) Pada saat pengolahan, tanah dibiarkan beberapa hari setelah dicangkul supaya terkena sinar matahari sehingga bibit penyakit mati.

2) Drainase perlu diperhatikan agar tidak ada genangan air.

3) Tanaman yang sakit dikumpulkan dan dibakar

4) Lakukan rotasi tanaman dengan selang waktu yang cukup lama, misalnya selada kacang tanah jagung selada.

Penyakit busuk daun

Penyebab penyakit busuk daun adalah cendawan Bremin lactucae Regel. Cendawan ini akan cepat berkembang pada saat kelembapan tinggi dan banyak hujan. Gejalanya, pada daun terlihat bercak-bercak berwarna kuning muda sampai tua Kemudian, bercak-bercak akan saling berhubungan dan berwarna cokelat.

Beberapa cara mengendalikan penyakit busuk daun, yaitu membiarkan tanah beberapa hari setelah dicangkul, menanam varietas yang resisten, membersihkan gulma, mengumpulkan dan membakar tanaman yang sakit, serta melakukan rotasi tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *